Jumat, 07 Januari 2011

Mensosialisasikan (Lagi) Nyanyian Gregorian Dalam Bahasa Latin

Tetapi hendaknya diusahakan, supaya kaum beriman dapat bersama-sama mengucapkan atau menyanyikan dalam bahasa latin juga bagian-bagian Misa yang tetap yang menyangkut mereka.” (Sacrosanctum Concilium 54)

Gereja memandang nyanyian Gregorian sebagai nyanyian khas bagi Liturgi Romawi. Maka dari itu - bila tiada pertimbangan-pertimbangan yang lebih... penting - nyanyian Gregorian hendaknya diutamakan dalam upacara-upacara Liturgi.” (Sacrosanctum Concilium 116)

Dari pengalaman penulis sendiri maupun dari pembicaraan dengan beberapa orang teman, semakin jarang ditemukan upacara liturgi dengan diiringi nyanyian gregorian dalam bahasa Latin. Nyanyian gregorian yang adalah nyanyian khas Liturgi Romawi justru terhimpit arus nyanyian modern yang bahkan belum tentu diciptakan untuk keperluan liturgi.

Untungnya, di tengah kondisi seperti ini ternyata juga masih banyak yang menaruh perhatian serius pada bahasa Latin dan nyanyian Gregorian. Di sana-sini mulai tumbuh keinginan untuk lebih banyak disajikan nyanyian gregorian dan bahasa Latin. Kendala yang umum adalah ketidaktahuan harus mulai dari mana. Maka penulis mencoba memberikan alternatif cara yang bisa diambil untuk menyalurkan ketertarikan itu sekaligus mengembangkan nyanyian gregorian dan bahasa Latin di paroki-paroki. Tentu tanpa tindakan nyata, kerinduan dan minat akan sajian ini tidak akan terealisir.

Ada beberapa alternatif langkah yang bisa diambil:

Pertama, cari beberapa teman yang punya keinginan yang sama lalu bentuk sebuah kelompok koor. Tidak perlu dalam setiap tugas semua lagunya gregorian. Misalnya tugas bulan ini memakai ordinarium Masa Paskah (PS 340 dst.), tugas berikutnya Pater Noster (PS 402/403) dan Credo (PS 374), tugas berikutnya Ave Maria (PS 625) dan Te Deum (PS 669), begitu seterusnya.

Kedua, secara formal meminta romo paroki dan seksi liturgi untuk mewajibkan semua kelompok koor pada masa tertentu menyanyikan nyanyian gregorian. Misalnya setiap minggu pertama wajib menyanyikan Pater Noster, minggu kedua Credo, minggu ketiga ordinarium De Angelis (PS 343 dst.), atau pada masa adven dan prapaskah wajib memakai ordinarium masa tersebut (PS 339 dst.). Cara ini tentu mengandaikan ada pelatihan bagi umat sebelumnya agar umat juga bisa ikut bernyanyi.

Ketiga, menggelar Fesparawi antar koor lingkungan dengan lagu wajib salah satu nyanyian gregorian, misalnya Asperges Me (PS 233) atau Victimae Paschali Laudes (PS 518). Dengan semua koor lingkungan ikut berpartisipasi, secara langsung lagu ini akan tersosialisasi dengan sendirinya sehingga langsung dapat dipakai untuk misa.

Keempat, mengadakan pelatihan-pelatihan menyanyikan gregorian. Tidak bisa dipungkiri bahwa tidak banyak orang yang menguasai nyanyian gregorian, tapi bukan berarti tidak ada sama sekali. Maka yang ada harus dimaksimalkan sebaik mungkin. Pelatihan ini sebaiknya juga mencakup cara membaca notasi gregorian mengingat teks yang bisa diunduh dari internet selalu memakai notasi gregorian.

Kelima, menerbitkan lebih banyak lagi buku nyanyian gregorian. Memang Puji Syukur sudah memuat cukup banyak nyanyian gregorian, tapi sebagiannya tidak menyertakan syair asli dalam bahasa Latin. Lagu yang di PS hanya ada Bahasa Indonesia saja diantaranya: Veni Sancte Spiritus (PS 569), Attende Domine (PS 605), Rorate Caeli (PS 438), Adoro Te Devote (PS 560), dll.

Keenam, jika tertarik dengan bahasa Latin tapi tidak bisa menyanyi, bisa membentuk sebuah kelompok doa berbahasa Latin. Rasanya tidak sulit mencari padanan doa-doa umum dalam bahasa Latin di internet. Acara rutinnya bisa berupa doa rosario atau ibadat harian dalam bahasa Latin

Keenam cara di atas adalah usulan yang bisa diterapkan sebagian atau seluruhnya sekaligus. Sudah ada paroki yang menerapkan sebagian langkah di atas dengan hasil yang baik, sehingga umat dapat semakin mengenal nyanyian dan bahasa khas Liturgi Gereja Katolik.

Catatan: Tulisan di atas saya buat bulan lalu dan sudah dikirimkan ke redaksi majalah LITURGI, tidak tahu akan dimuat atau tidak. Kalau tidak dimuat biarlah saya sharingkan di sini sebagai sebuah gagasan yang mudah-mudahan dapat diterapkan di paroki mana saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar